(MP) Jalan-jalan di Malaysia & Singapura (Part 1)

Date : Jan 08′ 09

Hello guys..

Seperti janji gue di posting sebelumnya, posting kali ini gue akan bercerita mengenai liburan akhir tahun gue n nyokap di Malaysia n Singapura..Tapi, karena terlalu panjang kalo diceritain sekaligus, jadi mungkin gue akan bagi menjadi dua atau tiga bagian…OK guys..here comes the story..please enjoy…

Setelah antara yakin ga yakin n juga diliputi sedikit rasa cemas mengenai jadwal keberangkatan dan aktivitas selama di sana (Sebenarnya yang ga yakin n cemas sih nyokap, gue sih enjoy-enjoy aja kok…), akhirnya tgl. 24 Desember 2008 yang lalu gue n nyokap berangkat ke Malaysia dengan menggunakan MAS. Seperti udah disebutin di postingan sebelumnya, kalo gue n nyokap ke sana dalam rangka menghadiri pernikahan salah seorang kerabat gue (Abang sepupu) yang mendapat jodoh orang Malaysia…Rencana awalnya, gue n nyokap akan bergabung dengan rombongan CPP (Calon Pengantin Pria) dari Aceh setelah tiba di Kuala Lumpur (KL) dan langsung berangkat menuju Gerik di Propinsi Perak yang berjarak + 4~5 jam dari KL. Tapi, karena satu dan lain hal, gue dan nyokap akhirnya mutusin untuk tinggal dulu di KL beberapa hari dan baru berangkat ke Gerik satu hari sebelum acara resepsi pernikahannya.

1st day : 24 Desember 2008 (Rabu)

Kami berangkat dari Jakarta dengan menggunakan MAS pada pkl. 11.10 n tiba di Malaysia pada pukul 14.10..On time banget…Thanks u MAS…Oh, iya ada cerita lucu nih…Jadwal penerbangan gue kan Jkt-KL 11.10~14.10 dan  KL-Jkt 09.10~10.10. Dari pertama gue lihat tiketnya, gue mikir kok dari Jkt ke KL makan waktu 3 jam, sedangkan dari KL ke Jkt hanya makan waktu 1 jam…Terus gue pikir “Oh, mungkin karena pas berangkat ada transit di Singapura kali ya, makanya sampai 3 jam…(Sambil otak sudah membayangkan mo jalan-jalan di Changi Airport selama waktu transit tsb). N you know guys, pas pulang n mendarat di Jkt gue baru nyadar kalo hal tersebut disebabkan karena adanya perbedaan waktu antara Jkt dan KL (Malaysia 1 jam lebih cepat dari Indonesia), sehingga total waktu terbang Jkt-KL ato KL-Jkt adalah 2 jam…he..he..how stupid I am…

OK, cukup intermezzonya..Lanjut…

Setibanya di terminal “Ketibaan Antarabangsa” Kuala Lumpur International Airport alias KLIA, gue n nyokap nunggu beberapa saat sampai waktunya om gue (CB) yang udah janji mo jemput datang. Setelah CB datang, kita pun meninggalkan KLIA dan dimulailah penjelajahan gue di KL.

Tujuan pertama, CB bersama seorang temannya (Bpk. Mukhlisin) ngajakin gue n nyokap berkunjung ke daerah Putrajaya yang katanya sekarang menjadi pusat pemerintahan Malaysia (Kalo ga salah ya…). Sampai di sana, setelah muter-muter dan ambil beberapa foto, kita pun berencana shalat Ashar di mesjid Putrajaya

Pas mo masuk ke mesjid, gue dicegat sama salah seorang petugas wanita yang ada di sana. Alasannya adalah karena pada saat itu gue pake celana jeans yang menurut beliau ketat. Walhasil, untuk masuk ke dalam mesjid tersebut gue harus pake jubah berwarna biru seperti yang terlihat di atas (ada yang warna pink juga sih, tapi gue dikasihnya yang warna biru nih, padahal gue pingin pake yang pink itu)..Lucu juga sih..he..he..BTW, Mesjid Raya Baiturrahman di Aceh kayaknya juga nerapin peraturan yang sama deh..Gue ga pasti soalnya gue waktu terakhir ke sana udah malam sih n gue pake celana bahan (bukan jeans) n baju kurung gitu deh..Abis shalat, karena CB dan Bpk. Mukhlisin ada janji untuk bertemu dengan rombongan rektor UNSYIAH di daerah KLCC, kita pun beranjak menuju KLCC. Setelah itu, gue-nyokap serta CB dan Bpk. Mukhlisin berpisah. Gue-nyokap jalan-jalan di area Taman KLCC sedangkan CB-Bpk. Mukhlisin menuju ke hotel yang berada di depan KLCC. Tadinya gue janjian ama CB untuk ketemu lagi di Mesjid KLCC setelah shalat Maghrib. Tapi, karena acaranya CB belum selesai, gue-nyokap akhirnya memutuskan untuk jalan-jalan di mal SURIA KLCC dan makan malam di KFC yang ada di mal tersebut. Setelah selesai makan dan beristirahat sambil menikmati kolam air mancur yang ada di depan mal, kita pun kembali ke area mesjid untuk ketemu CB dan pulang ke rumah CB di daerah Kajang (+ 45 menit dari KL).

2nd day : 25 Desember 2008 (Kamis)

Jalan-jalan hari kedua dimulai dengan menuju KLCC. Tujuannya adalah mo naik ke Menara Kembar Petronas. Sampe sana udah jam 11-an dan ternyata tiket sudah habis. FYI, tiketnya gratis lho..Terus, karena ga jadi naik, akhirnya kami berdua pun menuju KL Sentral. Lalu setelah selesai shalat dzuhur n pas lagi nyari-nyari tempat untuk makan siang, CB yang hari itu masih bertugas untuk nemenin rombongan dari UNSYIAH nelpon gue dan ngajak gue n nyokap pergi ke Genting Highlands karena rombongan dari UNSYIAH juga akan menuju ke sana. Tentu saja ajakan tersebut ga ditolak. Akhirnya gue-nyokap balik lagi ke KLCC (Ke hotel tempat acara CB malam sebelumnya) untuk menemui CB dan ikut rombongan ke Genting.

Sesampai di Genting, gue cuma jalan-jalan aja di sekeliling areanya tanpa menaiki wahana permainan yang ada. Tadinya sih mo coba naik skylift, tapi berhubung ngantrinya panjang banget n kami takut ditunggu ama anggota rombongan yang lain, akhirnya ga jadi deh…..he..he..Akhirnya setelah puas keliling-keliling, kita pun balik menuju KL. Sampai di KL, karena udah waktunya makan malam, CB ngajak kami untuk makan malam di daerah China Town-nya KL. Abis makan, kami keliling-keliling dulu di area China Town tersebut. Setelah puas keliling, baru deh kami balik ke rumah CB di Kajang.

3rd day : 26 Desember 2008 (Jum’at)

Jalan-jalan  hari ini dimulai dengan menuju ke KLCC. Ceritanya mo coba naik ke Menara Kembar lagi. Kalo kemarin kami sampai di KLCC udah jam 11-an, sekarang nyampe lebih pagi lagi, yaitu jam 1/2 10-an..Ternyata, masih juga kehabisan tiket. Menurut informasi, loket tiket dibuka jam 08.30 dan jumlah tiket gratis yang diberikan adalah sebanyak 1.600 lembar. Karena tiket sudah habis, kami pun menuju ke menara yang lain, yaitu KL Tower. Karena jarak dari Menara Kembar ke KL Tower tidak terlalu jauh, maka kami pun memutuskan untuk berjalan kaki menuju KL Tower tersebut.

Sesampai di KL Tower, kami beli tiket paket seharga RM 38. Satu paket berisi keliling di KL Tower, F1 Simulator, Winter Park, dan Animal Zoo. FYI, untuk masuk ke gedung KL Tower tersebut, disediakan free shuttle bus. Pas masuk ke KL Towernya, kita dilengkapi audio set seperti gambar di atas yang isinya penjelasan mengenai pemandangan apa saja yang bisa kita lihat dari masing-masing jendela yang ada di KL Tower tersebut (Total ada 12 jendela di KL Tower dimana pemandangan dari ke-12 jendela tersebut berbeda-beda). Setelah puas menikmati paket tur di KL Tower, kami pun meninggalkan gedung KL Tower tersebut dengan tujuan awal mo balik ke KLCC. Di tengah jalan, kami menemukan semacam pasar kaget yang dipenuhi oleh para karyawan yang sedang beristirahat makan siang. Jualannya sama seperti pasar kaget di Indonesia, antara lain baju dan makanan. Setelah selesai mengelilingi pasar kaget, kami pun berjalan kembali ke arah KLCC dan melihat ada monorail. Secara di Jkt ga ada monorail gitu lho (Eh, ada sih…tapi cuma di TMII aja kan?), kami pun tergoda untuk naik monorail tersebut. Lalu kami bertanya ke pos informasi turis yang ada di dekat rel monorail tersebut. Ternyata untuk beli tiketnya, kami harus berjalan kaki dulu ke stasiun terdekat. Akhirnya setelah berjalan kurang lebih 10 menit, sampailah kami di Stasiun Raja Chulan. Pas beli tiket, ternyata ada monorail yang stasiun terakhirnya adalah KL Sentral. Ya wis, kami pun membeli tiket tujuan KL Sentral. Sampai di KL Sentral, kami shalat dan makan siang di food court KL Sentral. Lanjut lagi naik LRT ke Mesjid Jamek, lalu naik LRT lagi menuju Mid Valley Mall. Puas keliling di Mid Valley Mall, ternyata hari sudah sore. Akhirnya kami pun janjian lagi dengan CB untuk sama-sama pulang ke rumah.