(MP) 8th Week : Nov 20 – 26, 2010 #JAPAN

Date : Mar 13′ 11

Untuk weekend terakhir ini, gue habiskan bersama teman-teman Indonesia yang tinggal di Jepang. Hari Sabtunya, akhirnya gue berhasil ketemuan sama Prieka aka Ima yang adalah teman SD dan SMP gue..:) Hari ini, kebetulan ada acara pertemuan mahasiswa Indonesia yang baru datang ke Jepang dengan para sempai aka seniornya di salah satu hall yang ada di Tokyo Daigaku. Sebenarnya, gue ga enak juga mo datang kumpul-kumpul ke acara tersebut, soalnya kan ga ada yang gue kenal selain Prieka. Tapi, karena Prieka bilang ga papa, jadi gue putuskan untuk datang..:) Dan mumpung tempatnya di daerah yang belum pernah gue datangi…. Alhamdulillah, ternyata senang banget di sana. Selain ketemu sama Prieka dan keluarga (Mas Harry, the smart husband, dan little Ashiila, the cute daughter), gue juga bisa ketemuan sama adik-adik yang bakal ngelanjutin sekolah mereka di Jepang. Dan alhamdulillah, dapat makan siang ala Indonesia gratis..:)) Bihun goreng, daging goreng, telur sambal, dan soto ayam…Oishikatta..:) Sebenarnya, masing-masing orang yang datang ke acara tersebut dikenakan iuran ¥1.000. Tetapi, alhamdulillah gue dibolehkan untuk ga usah bayar sama Prieka. Senangnya…:) Hontouni arigatou gozaimashita, Prieka san..:))

                         Prieka (Chocolate Hijab) among her friends in Japan

Habis ketemuan sama Prieka, gue janjian lagi sama Ari, teman kuliah gue di Sastra Jepang UI. Kali ini, janjiannya di Harajuku, sekalian gue mo belanja lagi karena masih ada beberapa barang yang kurang. Setelah belanja, gue keliling-keliling di sekitar Harajuku. Lalu, menikmati makan malam di restoran pasta yang pernah gue datangi sebelumnya bersama Ms. Hiromi. Lalu, lanjut lagi deh jalan-jalannya…

                                                              Ari san..:p

Lalu, di tengah jalan, kami melihat ada tukang takoyaki aka takoyaki san. Ari pun ngajakin gue untuk mencicipi si takoyaki tersebut karena gue bilang ke Ari kalau gue belum pernah makan takoyaki..:p Hm, menurut gue sih rasanya lumayan enak. Tapi ya gitu deh, walaupun enak tetapi masih belum begitu sesuai dengan lidah gue..:)) Setelah puas makan-makan dan jalan-jalan (Kayak slogan pak Bondan ya..:p), kami pun akhirnya memutuskan untuk pulang.

Hari Minggunya, gue janjian lagi sama teman kuliah yang lain, Tari san..:) Kali ini, janjiannya di St. Kichijoji. Setelah sampai di St. Kichijoji, Tari ngajakin gue jalan-jalan di Inokashira Park. Lalu, setelah berkeliling di Inokashira Park, kami melanjutkan perjalanan ke Inokashira Zoo. Di sana yang jadi pusat perhatiannya adalah binatang lucu bernama Capibara. Gue juga baru pertama kali lihat binatang ini. Dan menurut gue lucu banget…:D

  With Tari @Inokashira Park

                                                                                                                                                                                        @InokashiraZoo

Setelah itu, tujuan selanjutnya adalah tempat Tari mengajar, yaitu Tokyo Gaikokugo Daigaku. Di sini, sedang berlangsung acara tahunan kampus yang bernama GAIGO MATSURI aka Festival Bahasa Asing..:)

FYI, Tokyo Gaikokugo Daigaku adalah universitas yang hanya memiliki 1 fakultas yang terdiri dari beberapa jurusan bahasa asing, termasuk bahasa Indonesia dimana teman gue, Tari, bekerja sebagai dosen. Di acara ini, masing-masing jurusan membuat stan yang menjual makanan-makanan dari negara yang bahasanya sedang mereka pelajari. Di stan Indonesia, makanan yang dijual antara lain adalah nasi goreng, dan untuk minumannya adalah bir B***A**..:) Setelah puas berkeliling di berbagai stan dan mencicipi berbagai makanan dari beberapa negara, gue diajak Tari untuk menonton pertunjukan drama bahasa Indonesia yang dimainkan oleh para mahasiswa Jepang jurusan bahasa Indonesia. Hm, menarik juga menyaksikan para mahasiswa Jepang tersebut memainkan drama berbahasa Indonesia dengan logat pengucapan bahasa Indonesia mereka yang kadang-kadang lucu dan terdengar kaku… Sayangnya, gue ga nonton dramanya sampai habis karena takut kemalaman. oh, ya di kampus ini gue juga ketemu dengan Lea Sensei yang adalah salah satu dosen gue waktu kuliah dulu. Senangnya, jauh-jauh di Jepang bisa ketemu Sensei..:)

Untuk semua teman-teman Indonesiaku, Prieka, Ari, Tari, dan Bu Lea, terima kasih ya udah nyempetin untuk ketemuan sama aku di minggu terakhirku di sini..:D Senangnya bisa bertemu kalian dan mencicipi masakan Indonesia…Doain biar gue bisa balik lagi ke sini ya..:)

Hari Seninnya, Ms. Hiromi dan Ms. Sato ngadain pesta perpisahan untuk kami bertiga. Dan ditambah satu orang lagi, Mr. Shimizu. Senang banget pastinya mereka bersedia ngadain soubetsukai aka farewell party untuk kami bertiga..:) Udah gitu, pulangnya kami bertiga masih dikasih oleh-oleh dari mereka masing-masing..:)) Hontouni arigatou gozaimashita, Hiromi san, Sato san, dan Shimizu san..:D..We will always remember your kindness..:)

 

Hari Selasa, 23 November 2010, adalah libur “Labour Thanksgiving Day” di Jepang. Hari ini, jadwalnya adalah jalan-2 bersama Mr. Hashimoto Hiro dan keluarganya..:) Kami ikut program tur dengan bus yang diberi nama “Tokyo My Tour” dan mengelilingi kota Tokyo. Tempat-tempat tujuannya antara lain : Tokyo Tower, Ginza Street, Patung Kusunoki Masashige (Salah satu tokoh samurai Jepang), Istana Kaisar, Asakusa Temple, Fuji Terebi Studio dan Patung Liberty yang ada di daerah Odaiba, dan juga Rainbow Bridge.

Setelah selesai tour, kami pun kembali ke Koga Station dan makan malam bersama di salah satu restoran Cina yang ada di dekat stasiun…Alhamdulillah, senangnya hari ini..:D

Hari Kamis, 25 November 2010, kami kembali diberikan pesta perpisahan. Kali ini yang mengadakan adalah Dept. Tip Making, tempat kami training selama ini. Hampir semua karyawan pria, termasuk my favourite man di Dept. Tip Making ini, Kobayashi san, ikut serta..:p Sedangkan untuk ceweknya, selain gue, ada Ms. Inaba yang selama ini memberikan bantuan pakaian hangat kepada kami..:)

Di pesta perpisahan ini, gue dan teman-teman juga diminta untuk memberikan pidato mengenai kesan-kesan kami selama training di Dept. Tip Making tersebut. Sedangkan dari orang Jepangnya yang memberikan pidato adalah Mr. Nakada (The trainer), Mr. Saikawa (Head of Tip Making Dept), dan Mr. Mizui (My boss). Di pesta perpisahan ini, gue juga akhirnya berhasil berfoto w/ my fav man, Kobayashi san..:) Hontouni tanoshikattadesu..:p Doa gue, semoga bisa bertemu lagi dengan “the sweet & nice Kobayashi san”…:) Amiinn..Ternyata, setelah acara farewell party tersebut, acara pesta perpisahannya masih dilanjutkan lagi. Kali ini, kami lanjut ke restoran dimana pada Selasa malam sebelumnya kami makan bersama Mr. Hashimoto dan keluarga..:) Pesta yang kedua ini berlangsung sampai hampir 1/2 12 malam..:) Dan gue udah takut aja kalau besoknya bakal telat datang ke kantor.. Alhamdulillah ga kejadian..:) Malah ternyata, besok paginya gue bisa bangun lebih pagi..:)

                                            Sugi, Yudis, me, n Mizui san

Hari terakhir di kantor, yang pertama dilakukan adalah meeting terakhir dengan Mr. Mizui, lalu mengembalikan barang-barang kepunyaan kantor dan photos session. Hari ini, perasaan gue tambah campur aduk ga jelas..:( Yang pertama, pastinya senang banget karena akan kembali ke tanah air tercinta dan bertemu dengan orang-orang yang gue kangenin dan kangen sama gue..:) Tapi, di satu sisi, gue juga merasa sedih karena gue masih pengen tinggal di sana..:D Dan gue ga tahu kapan bisa balik ke Jepang lagi..Teman-teman gue di sana bilang kalau gue pasti akan kembali ke sana. Karena katanya biasanya orang yang sudah pernah menginjakkan kakinya di Jepang, pasti akan kembali lagi ke Jepang..:) Amiinn…Amiinn…Amiinn..Kabulkanlah ya, Allah..:)

My last pose @ZEBRA Japan…:p

                                                        the canteen staffs..:)

Setelah selesai dengan urusan kantor, gue dan teman-teman bersama dengan Mr. Mizui menuju apato kami. Pertama-tama yang kami tuju adalah apato teman gue karena Mr. Mizui mau mengecek persiapan kepulangan kami. Setelah barang-barang teman-teman gue dicek dan dinyatakan OK, gue dan Mr. Mizui menuju ke apato gue untuk melihat barang-barang gue. Satu hal yang gue khawatirkan dari pertama kali gue tiba di Jepang adalah cara menurunkan koper gue yang berkapasitas 20 kg lebih tersebut dari apato gue yang terletak di lantai 2 serta memiliki tangga yang kecil dan berliku…:( Kenapa gue mengkhawatirkan hal tersebut?Karena dari sebelum berangkat ke Jepang, gue udah diwanti-wanti bahwa kemungkinan gue akan pulang sendiri tanpa ada yang mengantar ke bandara..  Jadi, gue memang harus siap mental apabila hal itu terjadi…LEBAYMODEON…:) Tapi, untungnya Mr. Mizui menjanjikan bahwa gue akan dijemput dengan mobil dan diantar sampai St. Koga..:) Alhamdulillah, bisa sedikit bernafas lega, walaupun masih terbayang kalau gue harus dorong-dorong koper seberat 20 kg lebih dari Koga St sampai Narita Airport. Dan ini ga lebay..:( Setelah mengecek barang-barang gue dan dinyatakan OK, Mr. Mizui pun pamit pulang.

Tapi, tiba-tiba kurang dari 2 jam kemudian, Mr. Mizui kembali lagi ke apato gue dan bawa berita yang sangat mengejutkan gue..:(( Ternyata, mobil Mr. Mizui tidak bisa dipakai dan itu berarti gue harus berjalan kaki dari apato gue sampai St. Koga dengan mendorong-dorong koper besar gue.. Tambahan lagi, gue harus nurunin koper gue tersebut dari lantai 2..hik..hik… Kejadian juga, ternyata..:(

But, ternyata alhamdulillah untungnya Mr. Mizui tahu kekhawatiran gue tersebut dan meminta gue untuk membereskan barang-barang gue yang belum dimasukkin ke koper, supaya beliau bisa bantu gue untuk nurunin kopernya…Makasih ya, Allah..:D Akhirnya, gue pun buru-buru masukin baju-baju gue yang masih digantung di kamar mandi dan dalam keadaan agak lembab ke dalam koper sambil ditunggui oleh Mr. Mizui…:) Alhamdulillah, bisa beres..:p Setelah beres, Mr. Mizui pun menurunkan koper gue dan pamit pulang. Hontouni arigatou gozaimashita, Mizui san..:) Gue pun bisa tidur dengan lelap malam ini, karena satu beban pikiran sudah hilang..:D Walaupun, masih ada beban pikiran yang lain yaitu apakah gue sanggup dorong-dorong koper dari apato sampai Narita Airport..:( Jaa, gambareba nantoka naru..:)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s