Short trip to Tokyo :-) Part 1

Tiga minggu yang lalu, tepatnya tgl. 10-14 Oktober 2012, gue berkesempatan kembali mengunjungi negeri matahari terbit aka Jepang aka Japan aka Nihon…:D  Senangnya…Thanks to Air Asia (ga papa ya sebut nama) dengan motonya “Everybody Can Flies”, akhirnya gue bisa berkunjung ke negara kedua gue #MaudijitakorangseJepang 😀
And here comes the story :

Rabu, 10 Oktober 2012

Rombongan kami berjumlah 8 orang yang terdiri dari gue, Imelda aka Imel (Teman gue), Kak Rika (Kakak ipar ke-1 gue), Kak Deasy (Kakak ipar ke-2 gue), Rizka aka Ika (Adik sepupu gue), Fika (Adik sepupu gue), Mbak Vita (Teman k Rika), n Ibu Upik (Teman k Deasy).

The full team…ki-ka : Kak Deasy, Mbak Vita, Kak Rika, Ibu Upik, Me, Imel, Ika Fika

Berangkat dari Jakarta on time sekitar pukul 06.25 dan tiba di KLIA LCCT sekitar pukul 09.25 waktu Kuala Lumpur. Pas mau check in lagi, ternyata pesawat menuju Haneda Airport yang harusnya berangkat pkl. 14.45 waktu KL, didelay sampai jam 15.15. Untuk mengisi waktu, k Deasy and bu Upik pun mencari info tentang tur keliling kota yang bisa dilakukan sambil menunggu waktu keberangkatan berikutnya. Namun, ternyata untuk melakukan tur semacam itu, harus dibooking oleh travel agent dari Jkt, dan kalau mau jalan sendiri bisa menggunakan kendaraan umum yang tersedia. Namun, karena kami takut tidak keburu waktu, maka akhirnya memutuskan untuk menunggu sambil makan siang di sebuah restoran bernama “Old Town White Coffee”. Setelah puas makan dan shalat di sana, akhirnya kami pun menuju ruang tunggu untuk siap-siap lepas landas menuju Jepang.

Pada saat akan tiba di Tokyo, tiba-tiba ibu Upik membangunkan gue yang sedang tertidur dan menyarankan agar kami mencari transit hotel karena beliau dan k Deasy tidak bisa tidur selama di pesawat. Gue yang dari awal berencana untuk tidur di bandara pada saat malam pertama di Tokyo, langsung kepikiran dan gak bisa tidur lagi. Maklumlah, dari pertama rencananya kami memang akan berbackpacker ria dan berjalan-jalan murah meriah di Tokyo. Dan menginap di transit hotel tidak termasuk dalam rencana perjalanan kami dan tentu saja di luar budget gue 😀 Selama sisa perjalanan yang tinggal beberapa jam lagi di pesawat itu, pikiran gue benar-benar hanya memikirkan bagaimana keadaan bandara Haneda, tempat kami berencana untuk menumpang tidur dan bagaimana apabila memang kami harus menginap di transit hotel #Bingungpanikmodeon 😀

Alhamdulillah, sesampainya di bandara Haneda, ternyata bandaranya bagus dan cukup nyaman untuk dijadikan tempat tidur sementara. Banyak bangku kosong yang bisa dijadikan tempat tidur.  Setelah kami semua menemukan tempat masing-masing untuk tidur, Imel ngajakin gue untuk mencari makan karena dia belum makan malam. Akhirnya, kami pun menuju sebuah supermarket bernuansa biru yang sekarang lagi trend di Jakarta aka Lawson 😀 Di supermarket ini, Imel membeli onigiri pertamanya di Jepang.  Setelah selesai makan dan melaksanakan shalat Isya, kami pun beranjak ke pulau mimpi. Oyasumi 🙂

Pengeluaran : *Seingat gue*

1. Beli minuman (Jus & Pocari sweat ) di mesin penjual otomatis aka jidohanbaiki di Haneda Airport @ï¿¥150 = ï¿¥300

Kamis, 11 Oktober 2012

Keesokan paginya, gue dibangunkan oleh suara pengumuman dari petugas bandara yang mengumumkan penerbangan menuju Korea. Lalu, gue pun bergegas merapikan diri . Satu hal yang menjadi perhatian gue adalah bahwa alhamdulillah selama gue tinggal tidur, barang-barang gue tetap aman. Pada awalnya, walaupun Jepang bisa dikatakan sebagai negara yang “aman”, gue juga merasa khawatir apakah barang-barang gue bisa ditinggal tidur begitu saja dan diletakkan di sebelah gue tanpa pengaman apa pun. Tapi, karena gue melihat banyak penumpang lain yang meletakkan barang-barangnya begitu saja, maka gue putuskan untuk melakukan hal yang sama 😀 #That’s why I love Japan 🙂 Selain itu, ternyata banyak juga orang Jepang yang bermalam di bandara agar bisa terbang di pagi keesokan harinya. Mungkin karena kereta baru mulai beroperasi setelah jam 5 pagi dan ongkos taksi sangatlah mahal, sedangkan mereka harus mengejar pesawat pagi. Dan akhirnya mereka lebih memilih untuk menginap di bandara.

Setelah berbenah, merapikan diri, dan sarapan dengan bekal yang dibawa dari tanah air tercinta, kami pun bersiap meninggalkan bandara Haneda. Sebelum meninggalkan bandara, kami membeli “Keikyuu Haneda and Subway Common Pass” seharga ï¿¥1.300. Tiket ini bisa digunakan untuk naik kereta keluar dari airport dan menaiki subway aka chikatetsu selama satu hari penuh sesuai tanggal yang tertera pada tiket. Kemudian, kami menuju hotel tempat kami akan menginap selama di Tokyo, yaitu Khaosan Tokyo Kabuki. Buat gue, hostel ini sangat direkomendasikan. Pelayanannya bagus dan para stafnya juga ramah-ramah dan sangat membantu 🙂

Setelah check in dan menitipkan koper-koper kami di sana (Karena kami belum bisa masuk ke kamar), kami pun memulai perjalanan berkeliling Tokyo. Tujuan pertama adalah Ginza. Sebenarnya Ginza ini bukan menjadi tujuan awal kami. Tetapi setelah berbincang-bincang dengan seorang ibu sesama penumpang subway, gue pun mengajak yang lain untuk pergi ke sana.  Dan ternyata mereka setuju 😀 Di Ginza, ada kejadian yang sempat bikin deg-degan, yaitu hampir hilangnya BB si Fika di salah satu toko. Untungnya, setelah dilaporkan ke petugas toko, bisa ditemukan dan kembali ke tangan si adik sepupu..Alhamdulillah 🙂 #That’s why I love Japan 🙂 Tetapi, si Fika yang tadinya udah siap-siap mau bayar belanjaannya, jadi kehilangan mood dan gak jadi belanja deh 😀

Setelah selesai jalan-jalan di Ginza, kami berangkat menuju daerah Tsukiji Market yang terkenal dengan pelelangan ikannya. Karena sudah waktunya makan siang, kami pun memutuskan untuk makan di salah satu restoran sushi yang ada di sana, yaitu “Sushizanmai”. Sushizanmai ini adalah restoran sushi yang penyajian sushinya disajikan di atas meja conveyor yang bisa berputar dan harga sushinya bisa diketahui dari jenis piring yang digunakan. Walaupun gue bukan penggemar sushi, tetapi karena gue sudah berada di Tsukiji yang terkenal dengan restoran-restoran sushinya, pastinya gue harus makan sushi dong. Walaupun pada akhirnya gue cuma sanggup menghabiskan 2 piring saja 😀

Setelah puas menikmati sushi di Sushizanmai, kami pun bergerak menuju Shinjuku. Di Shinjuku, kami mengunjungi Tokyu Handsyang terletak di Takashimaya Times Square, Shinjuku.

At Tokyu Hands Takashimaya Shinjuku on my first visit to Tokyo 2 years ago 🙂

Setelah selesai berbelanja, shalat, dan berkeliling, kami pun segera menuju ke Shibuya. Kali ini, kami ingin bertemu dan berfoto dengan si anjing terkenal, Hachiko. Seperti dua tahun yang lalu, patung Hachiko ini tetaplah ramai. Karena selain menjadi salah satu pusat atraksi turis, tempat ini juga menjadi tempat janjian or sekedar beristirahat bagi orang-orang Jepang.

Last destination of the day adalah ke Harajuku. Di Harajuku ini, menurut info yang gue denger dari Imel ada toko DAISO aka toko ï¿¥100 terbesar di Tokyo. DAISO Harajuku ini terdiri dari 3 lantai dan cocok banget untuk cari oleh-oleh murah meriah khas Jepang. Setelah puas berbelanja, kami pun berkeliling-keliling sebentar di Harajuku, dan kemudian kembali ke hotel di Asakusa.

Pengeluaran : *Seingat gue*

1. Keikyuu Haneda and Subway Common Pass = ï¿¥1.300

2. Makan siang@Sushizanmae = ï¿¥416

To be continued aka bersambung 🙂

5 thoughts on “Short trip to Tokyo :-) Part 1

• Insya Allah soon ya, Ki…Emang rencana mau posting paling lambat weekend ini, biar gak kelamaan sama yg pertama. Thank you udah baca n tunggu lanjutannya ya 🙂

• Dear Laras,

Salam kenal 🙂

Di Haneda sepertinya gak ada tempat khusus untuk shalat. Jadi, waktu itu kami sampai tengah malam dan shalat di ruang tunggu di antara jejeran kursi. Lalu, waktu shalat Subuh keesokan harinya, kami shalat di ruang menyusui yang ada di sana :-). Demikian juga waktu pulang, kami mencari ruang tunggu yang agak sepi, dan kemudian shalat di sana.