(MP) Ngaji Yuk Edisi 8 Juli 2012 :)

Date : Jul 18′ 12

Sedikit sharing dari pengajian yang saya ikuti di tgl. 8 Juli lalu dan kebetulan ditugaskan jadi bagian yang nyatat-nyatat πŸ˜€

Kalau ada yang salah, khususnya dalam pengutipan ayat, mohon dimaafkan ya πŸ™‚

Assalamualaikum wr.wb,

Dalam Islam, diatur beberapa hal yang menjadi bagian dari perjanjian pra nikah. Hal-hal tersebut antara lain :
1. Aqidah (Visi dan misi).
2. Harta
3. Anak (Pola asuh anak atau bagaimana bila tidak mempunyai anak).
4. Perselingkuhan
5. Tidak boleh ada dusta antara suami istri.
6. Komunikasi.

Nafkah (Pendapatan)
Mengenai masalah pendapatan, pada dasarnya adalah “Harta istri adalah milik istri itu sendiri”. Tetapi, apabila sang istri memberikan nafkah kepada suami, maka pahala sang istri akan menjadi dua kali lipat. Sedangkan apabila seorang suami memberikan nafkah kepada istrinya, maka pahalanya adalah satu kali lipat. Yang perlu diingat suami istri adalah bahwa apabila mereka merasa memberi kontribusi kepada keluarga lebih besar, maka baik pahala suami atau istri tersebut akan hilang.

Komunikasi
Komunikasi antara suami istri bukan hanya terjalin antara suami istri itu saja, tetapi juga bagaimana suami istri tersebut bisa menjalin komunikasi dengan keluarga pasangannya.

Anak
Apabila seorang anak sudah akil baligh, maka sang orang tua wajib memberikan bimbingan kepada anak tersebut.
Contoh : Pada saat seorang anak laki-laki akan masuk masa akil baligh, orang tua wajib menjelaskan tentang “Mimpi Basah”.
Bagi orang tua, anak akan membawa pengaruh positif dan negatif.
Beberapa surat di dalam Al Qur’an yang menjelaskan tentang pengaruh positif anak bagi orang tua adalah ;
1. QS 37 : 100 –> Anak adalah anugerah terindah.
2. QS 4 : 9 –> Anak adalah generasi penerus.
3. QS 28 : 9 –> Anak adalah penyejuk mata.

Sedangkan beberapa surat di dalam Al Qur’an yang menjelaskan tentang pengaruh negatif anak bagi orang tua adalah :
1. QS 64 : 15 –> Anak sebagai cobaan bagi orang tua.
2. QS 17 : 64 –> Anak sebagai pintu untuk orang tua berbuat maksiat.

Oleh sebab itu, Allah SWT memerintahkan kita untuk mendidik anak sesuai ajaran Rasulullah SAW (QS 66 : 6). Apabila suami istri mempunyai visi dan misi yang sama, maka insya Allah keluarga suami istri tersebut akan menjadi seperti keluarga Nabi Ismail.

Allah SWT ingin kita melakukan sesuatu berdasarkan pemahaman, bukan karena takut. Demikian halnya dalam mendidik anak (QS 18 : 29-31).

Tujuan utama orang tua menuntut ilmu setinggi-tingginya adalah untuk menjadi guru bagi anak-anaknya. Hal ini adalah karena orang tua adalah guru pertama bagi anak-anak mereka.
Contoh orang tua yang berhasil : Nabi Luqman yang merupakan seorang budak dan berhasil mendidik anaknya (QS 31).

Tugas utama orang tua adalah untuk mengajarkan tentang Tuhan kepada anaknya (QS 31 : 13).

Tugas orang tua yang lain terhadap anak bisa dilihat pada QS 31 : 16-18 ;
Ayat 16 : Kita bisa membohongi orang lain, tetapi tidak bisa membohongi Allah karena Allah akan meminta pertanggungjawaban atas segala perbuatan kita di dunia.
Ayat 17 : Anak-anak diajarkan bahwa di luar rumah ada lingkungan yang tidak baik dan tidak sesuai ajaran di rumah.
Ayat 18 : Mengajarkan akhlaqul karimah kepada anak.

Semoga bermanfaat.

Wassalam

Advertisements

4 thoughts on “(MP) Ngaji Yuk Edisi 8 Juli 2012 :)

  1. Wah, aku waktu nikah dulu nggak pake perjanjian apa-apa. Kalo bikin sekarang, telat nggak ya? πŸ˜€
    Tapi itu semua poin di atas emang selalu kami omongin baik-baik, jadi cuma lisan doang πŸ™‚

  2. wah bagian “menjelaskan mimpi basah” ke anak itu paling berat.

    Alhamdulillah ada seminar pendidikan seks di sekolah Rafa. De daftarin aja, daripada de sendiri yang musti jelasin ke Rafa. Bingung cara ngomongnya. Hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s