Aglio Olio ala Inong

Ceritanya beberapa jam lalu lagi nonton dorama “Bambino” yang berlatar belakang di restoran Itali πŸ™‚ Dan karena saya belum sarapan dan dijejali oleh gambar-gambar spaghetti yang disajikan di dorama tersebut, cacing-cacing di perut pun berontak dan saya tiba-tiba terinspirasi untuk masak spaghetti πŸ˜€ Pas mikir bahannya, teringat kalau di dapur gak ada stok daging cincang (Emang jarang make daging cincang sih untuk masakan di rumah :-)) Pantang menyerah, saya pun menyapa si Mbah Google dan nyari resep Aglio Olio yang resepnya lebih simpel dari spaghetti, dan ketemulah link ini πŸ™‚ Pas lihat bahan dan cara membuatnya, kok kayaknya gampang banget ya πŸ™‚ Akhirnya ngecek stok di dapur, cuma ada beberapa bahan yang tersedia ^o^ Tapi karena emang lagi lapar berat, ya wes saya nekat bikin aja deh dengan bahan yang ada di rumah πŸ˜€

Berikut saya tulis resep aslinya dan bahan-bahan yang saya pakai :

Bahan-bahan :

125 gr spaghetti kering (Saya ambil secukupnya karena saya masak untuk dimakan sendiri).

1 liter air.

2 sdm minyak zaitun (Saya gak pakai karena gak ada).

4 siung bawang putih, iris tipis (Saya cuma pakai 2)

1 buah cabai merah, buang bijinya, iris tipis (Saya pakai cabe hijau)

2 lembar daging asap, potong kecil (Saya ganti pakai 5 buah udang).

1/2 sdt oreganoΒ  kering

1/2 sdt merica hitam, memarkan agak halus (Saya gak pakai karena gak ada)

1/2 sdt garam

Taburan :

1 sdm keju parmesan bubuk / parut (Saya gak pakai karena gak ada).

1 sdt peterseli kering (Saya gak pakai karena gak ada).

Cara masak :

1. Rebus air hingga mendidih. Lalu masukkan spaghetti hingga lunak. Angkat dan tiriskan (Kalau saya, pada saat merebus spaghetti ini, tambahkan 1 sdm mentega ke dalam rebusan spaghetti).

2. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang putih hingga layu dan harum.

3. Tambahkan cabai merah dan daging asap, lalu aduk hingga layu.

Untuk proses no. 2 dan 3, karena saya pakai udang sebagai pengganti daging asap, maka saya tumis dulu udangnya sampai matang. Lalu, kemudian baru masukkan bawang putih dan cabai merah πŸ™‚

4. Tambahkan bumbu dan masukkan spaghetti. Kemudian aduk kembali hingga rata.

Di proses ini, saya cuma masukin garam dan spaghetti karena bumbu lainnya gak ada.

5. Tuang masakan ke piring saji, dan taburkan keju parmesan dan daun peterseli.

Dan inilah hasil memasak dadakan saya hari ini :-0 Lumayan enaklah mengingat pakai bumbu dan bahan seadanya πŸ™‚ Kalau pakai bumbu lengkap, pasti lebih yummi lagi πŸ˜€

Itadakimasu ^o^ Selamat makan ^o^

Itadakimasu ^o^ Selamat makan ^o^

Advertisements

10 thoughts on “Aglio Olio ala Inong

    • Wah, penggemar dorama juga ya…ayo ditonton dorama Bambinonya di web gooddrama.net…kalo buat aku, dorama ini lumayan seru dan bikin ngiler lihat makanan-makanannya (^-^)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s