My favorite in Ramadhan :-)

Selama bulan Ramadhan ini, ada beberapa acara yang jadi favorit dan wajib saya tonton πŸ™‚ Sebenarnya acara-acara ini sudah rutin ditayangkan setiap tahun saat bulan Ramadhan, tetapi baru tahun inilah saya benar benar mengikuti setiap episodenya karena terdorong oleh cita-cita saya ingin tinggal di luar negeri (Jepang untuk lebih tepatnya :D) dan merasakan bulan Ramadhan di sana πŸ™‚

Acara-acara tersebut adalah :

1. Muslim Travelers NET TV

Acara ini ditayangkan di NET TV setiap hari Senin sampai Jum`at dari jam 04.30-05.00 WIB. Bercerita tentang kisah kehidupan muslim asal Indonesia yang tinggal di luar negeri dan bagaimana mereka hidup menjadi minoritas muslim di tengah-tengah mayoritas non muslim πŸ™‚

2. Jazirah Islam Trans 7

Kalau Muslim Travelers bercerita tentang Muslim Indonesia yang tinggal di luar negeri, kalo acara Jazirah Islam ini bercerita tentang salah seorang warga negara asli dan Muslim dari suatu negara yang penduduknya mayoritas non muslim. Selain itu, juga diceritakan perjuangan dan pertentangan yang dihadapi oleh orang tersebut pada saat beliau hijrah menjadi seorang muslim / muslimah aka mualaf :). Acara ini ditayangkan setiap Senin sampai Jum`at jam 05.15-05.45 WIB.

Nonton acara-acara seperti ini, bikin saya merasa terharu dan jadi malu sendiri. Terharu melihat perjuangan saudara-saudara sesama Muslim yang tinggal di belahan dunia lain dan menjadi minoritas, tetapi tetap berusaha kuat untuk menjalankan syariat Islam di sana. Mulai dari cari makanan halal, beribadah dan belajar tentang Islam dengan sesama saudara muslim, dan berusaha untuk menunjukkan kepada kaum non muslim bahwa Islam adalah agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta (Rahmatan lil `alamin) πŸ™‚ Malu karena saya sebagai muslim yang tinggal di negara mayoritas muslim kadang-kadang *Kalau tidak mau dibilang sering* malas untuk melakukan kewajiban saya sebagai seorang Muslim 😦 Teringat kutipan dari Path seorang teman : Menjadi muslim minoritas, gerak sangat terbatas. Masjid susah, makanan halal musti pilah-pilah. Lalu apa yang membuat (Sebagian) muslim di tanah air kurang totalitas dalam beribadah? Dan komentar saya adalah : Karena menjadi mayoritas itulah yang buat menjadi “Kurang tantangan” dan menerimanya as “Take it for granted” dan kadang juga bikin kurang bersyukur 😦 #Reminderformyself

Advertisements

16 thoughts on “My favorite in Ramadhan :-)

  1. Hai, Pinkuonna..(ini bener gak panggilannya?) Baca post ini saya jadi ingat waktu ngalamin bulan Ramadhan di Kolombia.. Saya benar-benar minoritas.. Tidak seperti di Eropa barat, Australia, atau Amerika Serikat yg juga minoritas tapi masih jauh lebih banyak muslimnya daripada negara di benua Amerika Selatan macam Kolombia ini yg mayoritas penduduknya adalah Katolik. Ada juga muslim imigran dari timur tengah tapi jumlahnya sangat sedikit dan mereka cenderung sangat tertutup terhadap lingkungan sekitar.. Tapi buat saya puasa ya jalan aja.. Paling yg agak beda saya harus menjelaskan ke teman-teman warga lokal dan warga asing lainnya kenapa saya tidak makan/minum di siang hari..

    • Allo mbak Em…panggil aja aku Inong (^-^)

      Wah, thank you sharingnya ya, Mbak ☺ aku jadi tambah pengen ngerasain berpuasa di negara lain biar bisa ngerasain pengalaman kayak Mbak..semoga bisa terkabul suatu hari nanti…Aamiin ☺

  2. Hi mbak inong :-D, Acara Jazirah islam itu dulu saya juga suka banget nontonnya, berasa wow wow gitu ada warga asli sana yang muslim di negara yg mayoritasnya malah non muslim, sejak tinggal dsini baru merasa susahnya cari makanan halal itu seperti apa, beli ini itu serba was2 takut gak halal,hehe
    semoga Mbak Inong bisa punya kesempatan merasakan Ramadhan di jepang segera ya πŸ™‚

    • Hi, Adhya ☺ wah setelah suka nonton jadi ngalamin sendiri ya gmn susahnya cari makanan halal di luar negeri ☺ makasih bantuan doanya ya ☺

  3. Kalo tontonan favorite aku pas Ramadhan adalah Masterchef USA hahahaha. Sepanjang hari nonton itu pas weekend.. πŸ˜‚

  4. Inoooong…
    Acara fave mu yang tayang subuh semua yaaaah..
    Ak..ak..aku suka bobok lagi kalo abis shalat subuh soalnya anak2 lagi pada libur hehehe…

    Nanti cobain nonton aaaah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s