Halal Foods in Japan

Postingan ini terinspirasi karena saya udah sebulanan gak nulis di blog, plus karena kemarin baru aja terima oleh oleh snack dari tamu Jepang di kantor, dan plus lagi untuk mendukung cita-cita saya yang entah kapan bisa terwujud tetapi tetap saya bawa dalam doa 🙂

Sebenarnya untuk makanan halal di Jepang sih sudah cukup banyak tersedia 🙂 Dan bahkan sekarang di setiap bandara (Haneda, Narita, Kansai) sudah tersedia beberapa toko makanan halal dan pastinya ruang ibadah yang sangat memadai untuk kita melakukan kewajiban kita 🙂 Dan dua tahun belakangan ini, ada banyak sekali page-page tentang Islam dan makanan halal di Jepang yang bermunculan di Facebook, dan beberapanya saya ikuti 🙂

Sebenarnya, waktu kunjungan saya ke Jepang bulan November tahun lalu, saya dan teman-teman sempat mengunjungi restoran-restoran halal di kota-kota yang kami singgahi (Tokyo, Kyoto, Osaka). Tetapi seperti saya tulis di postingan itu juga, entah kenapa mood saya untuk menulis detail cerita perjalanan, termasuk tentang makanan-makanan halal yang kami cicipi selama di sana, lenyap begitu saja 😦

Dan daripada lupa lagi dan juga untuk referensi saya pribadi (Dan mungkin juga bisa berguna buat orang lain), berikut adalah beberapa makanan (Untuk kali ini mungkin lebih tepat disebut sebagai snack ya :-)) halal yang pernah saya cicipi 😀

  1. Shrimp rice crackers

cd984d6bd0ac453a3807fe078ce855c4

Snack ini saya dapat dari salah satu staf Jepang di kantor saya. Karena beliau tahu, setiap terima snack dari bos Jepang, saya dan teman-teman selalu cari tahu dulu tentang komposisi dan kehalalannya, pas beliau ngasih snack ini, beliau langsung nunjukin tanda halalnya 😀 Aaa, arigatou S san…jadi saya gak perlu susah susah lagi untuk cari tahu 😀

2. Fried Rice Cracker

20151114_110152

Waktu berkunjung ke Kaminarimon Sensoji di Asakusa tahun lalu, teman saya yang kebetulan sudah melakukan penelitian sebelumnya bilang bahwa di sana kita harus beli rice cracker halal yang dijual di salah satu toko di dekat Kaminarimon tersebut. Dan ternyata memang beberapa meter dari Kaminarimon tersebut, kami langsung menemukan si toko…Alhamdulillah 🙂 Dan entah kenapa saya jadi merasa terharu banget lho pas bisa nemuin tanda halal di tempat umum di negara minoritas 🙂

3. KitKat Uji Matcha

PicsArt_1458190492363

Kemarin, Sang Presdir nerima tamu dari Jepang. Dan ternyata, sang tamu membawa oleh-oleh KitKat yang dibagikan oleh sang Presdir. Dan seperti biasa, langsunglah saya mencari tahu tentang komposisi si KitKat ini…Dan nemulah link ini…Alhamdulillah banget pastinya..Nambah lagi koleksi snack dari Jepang yang bisa dimakan 🙂

Demikianlah sedikit info dari saya 🙂 Semoga info ini bisa berguna buat yang suka makanan Jepang tetapi pengen yang halal 😀 Dan buat saya pribadi, kok bikin postingan ini jadi pengen cepat-cepat ke Jepang lagi untuk beli makanan-makanan ini #eeeaaa 😀

Advertisements

20 thoughts on “Halal Foods in Japan

    • Iya, sekarang pasar makanan Jepang halal semakin besar, Ko…khususnya dengan makin banyaknya wisatawan dari Indonesia dan Malaysia yg berkunjung ke sana 🙂

    • Gak semua senbei ada label halalnya sih, Mbak…tp yg gak pake label halal pun belum tentu gak halal 🙂 memang dari kitanya yg tetap harus rajin rajin cek komposisinya ):

  1. Asal tak tebuat dari bahan yang tidak halal (misal babi), bismillah saja, 🙂
    Belasan tahun lalu saya diberi sake sebagai oleh-oleh Beliau dari Jepang. Saya yakin itu dibuat dari beras, maka minum saja, hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s