Membuat e-passport

Hari Selasa kemarin, saya akhirnya bikin e-passport juga setelah banyak pertimbangan mulai dari masalah biaya, kapan buatnya, dimana buatnya, dll 😀 Dan setelah mendengarkan saran dan pengalaman dari beberapa orang kenalan saya, saya pun memutuskan untuk membuat si e-passport di kantor imigrasi Jakarta Selatan walaupun e passport ini bisa juga dibuat di kantor imigrasi Jakarta Barat ataupun di bandara Soekarno Hatta. Salah satu hal yang membuat saya memutuskan untuk membuat di imigrasi Jaksel walaupun saya berdomisili di Jakarta Barat adalah karena tidak adanya pembatasan kuota per hari untuk pembuatan paspor tersebut.

Dan sesuai pengumuman yang tertera di sini, pas hari Selasa kemarin itu pun saya berangkat jam 5 Subuh dari rumah dan sampai di kantor imigrasi sekitar jam 5.45. Ternyata pas sampai di sana, udah ada antrian walau belum terlalu panjang. Alhamdulillah 🙂

Di dalam, kita akan mendapatkan map merah untuk menaruh berkas bersama nomor antriannya.

20170425_062925

20170425_060409

Si map merah dan nomor antrian. Alhamdulilah belum nyampe 100 nomornya :0

Ternyata kalau kita datang pagi-pagi sebelum loket dibuka, pada saat loket dibuka ada petugas yang akan menjelaskan bagaimana cara mengisi form dengan detail informasinya. Dan untunglah saya sempat mendengarkan dengan teliti penjelasan dari si bapak petugas yang bernama Wagino tersebut tentang perbedaan antara permohonan pembuatan paspor biasa dan e passport. Dan ternyata kalau buat e-passport, formnya harus dikasih stempel e-passport. Untung saya sempat ngedengerin penjelasan si Bpk. petugas dan nanya nanya ke orang di samping 😀

20170425_060730

Form dengan stempel e-passport 🙂

20170425_062114

Pak Wagino (Tampak belakang) yang telah menyelamatkan saya dari kesalahan bikin paspor biasa lagi 😀

Bpk. Wagino juga menyampaikan informasi bahwa kalau untuk paspor biasa akan selesai kira-kira dalam waktu 3 hari kerja, sedangkan untuk e passport butuh waktu maksimal 14 hari kerja. Dan kita pun dikasih nomor telepon (Whats App) yang bisa dihubungi bila kita ingin menanyakan apakah paspor kita sudah selesai atau belum.

Akhirnya setelah menunggu dari jam 6, saya pun dipanggil untuk proses wawancara dan foto pada sekitar jam 9 kurang. Dan jam 9 lewat 10, prosesnya pun selesai 🙂 Jangan lupa setelah proses wawancara, lakukan pembayaran. Kalau saya sih kemarin langsung bayar di bank yang ada di kantor imigrasi tersebut 🙂 Gak nyangka bisa cepat banget gitu 😀 Soalnya, 4 tahun lalu, waktu perpanjang paspor dengan sistem “One Day Service” sudah lumayan cepat (Waktu itu selesai sekitar jam 12 kurang kalo gak salah), tetapi ternyata sekarang jauh lebih cepat lagi. Alhamdulillah 🙂

Jadi gak sabar mau lihat e passport saya 🙂

14 thoughts on “Membuat e-passport

  1. Di mana mana sekarang pelayanan imigrasi sudah jauh lebih baik ya. Alhamdulillah antrinya tidak panjang dan selesai Cepat prosesnya.

  2. Waah senangnya bs urus tanpa calo. Trakhir ngurus paspor, aku disuruh pake calo aja (sama Papahku). Hmmm gak banyak menolong sih. Tetep kudu antre, nunggu & jadinya jg gak lbh cepet. Pengalaman lah. Next time antre sendiri aja or find a better biro jasa, hahaha.

  3. Huaa, perpanjangan dan bikin paspor perjuangan bener ya mesti berangkat dari sebelum jam 6, itu pun baru dapat giliran jam 9an >.< . Tapi bagus dan senang banget bacanya pelayanannya sekarang semakin baik. Bahkan bisa komunikasi via WA juga. Keren ya.

    Di Belanda sih tinggal isi form dari website-nya kedutaan. Trus datang ke kedutaan, gak ngantri lama, diproses (foto, dsb), selesai deh. Dalam beberapa hari paspor barunya jadi, haha. Tapi sepertinya kedutaan masih belum menerima pembuatan e-passport sih.

Leave a Reply

