Halal Japan Trip 2018 bersama sepupu dan keponakan :-)

Waktu saya pulang kampung ke Aceh dua tahun lalu, sepupu saya yang tinggal di Aceh bertanya kapan saya bakal berangkat lagi ke Jepang karena dia juga ingin pergi ke Jepang. Waktu itu saya jawab bahwa rencananya sih mau berangkat sekitar November 2017 kemarin karena saya dan teman saya setelah pulang dari Jepang tahun 2015 lalu bercita-cita untuk bikin halal tour organizer dan alhamdulillah bulan November yang lalu sudah ada satu grup yang dipandu ke Jepang oleh teman saya tersebut ๐Ÿ™‚ Tetapi, karena salah seorang sepupu saya itu akan berkunjung ke Baitullah pada tahun 2017 tersebut, maka akhirnya rencana perjalanan ke Jepang ini diundur menjadi tahun ini. Dan karena saya belum pernah merasakan musim dingin di Tokyo dan berharap bisa melihat salju di sana (Yang ternyata ga kejadian ๐Ÿ˜ฆ Padahal 2 minggu sebelum saya berangkat, kota Tokyo dipenuhi oleh salju..). Dan karenaใ€€sayaใ€€inginใ€€memperkenalkan bagian-bagianใ€€dariใ€€Jepangใ€€(Khususnyaใ€€Tokyoใ€€danใ€€Yokohamaใ€€yang juga baru pertama kali ini saya kunjungi)ใ€€yangใ€€ramah terhadapใ€€muslim,ใ€€makaใ€€sayaใ€€punใ€€mencobaใ€€menyusunใ€€jadwalใ€€perjalananใ€€kaliใ€€iniใ€€denganใ€€mengunjungiใ€€tempat-tempat ramah muslim serta daftar tempat makan halal yang ada di Tokyo dan Yokohama yang harus dicoba ๐Ÿ™‚

Alhamdulillah misi tercapai dan saya sebagai pemandu wisata yang sedang dalam proses latihan berhasil menunjukkan ke saudara-saudara sepupu (Dan ponakan saya :D) bahwa Jepang juga merupakan tempat yang cukup “ramah” untuk muslim ๐Ÿ™‚

Hari pertama, 14 Februari 2018 –> Seperti biasa kalau ke Jepang dengan si udara Asia, pasti saya akan tidur di Haneda Airport ๐Ÿ™‚ #travellerhemat:D

Di hari pertama ini, kami melakukan kewajiban shalat di ruang shalat yang ada di Haneda Airport ๐Ÿ™‚

KLIA2

Tim komplit siap memulai “Halal Japan Trip 2018” *Menunggu waktu menuju Haneda di KLIA 2, Kuala Lumpur*

pose wajib

Hari kedua, 15 Februari 2018 –> KLIA 2 –> Haneda Airport –> Asakusa dan sekitarnya

Asakusa

Asakusa, kami datang ๐Ÿ™‚

Tujuan pertama : Sensoji pastinya ๐Ÿ˜€

Sensoji me

Salah satu spot di Sensoji yang belum pernah saya jadikan tempat foto ๐Ÿ˜€

halal ramen

Halal ramen di Naritaya Asakusa : shouyu ramen & gorogoro ramen…็พŽๅ‘ณใ—ใ‹ใฃใŸ ๐Ÿ™‚

Menu 2.jpg

Gadis Aceh berkimono di Asakusa ๐Ÿ™‚

Zaya

My sweet niece โค

Hari kedua ini, karena badan lumayan kurang tidur, akhirnya kami cuma jalan jalan sebentar dgn kimono di Asakusa, dan kemudian kembali ke hotel untuk shalat dan istirahat biar segar keesokan harinya ๐Ÿ˜Š

Hari ketiga, 16 Februari 2018 –> Tokyo Camii dan Tokyo Metropolitan Government Building

Agenda hari ke-2 ini merupakan agenda utama dari perjalanan Halal Japan Trip 2018 ini, yaitu berkunjung ke Tokyo Camii. Sejak pertama bikin jadwal perjalanan ini, saya sudah bercita cita untuk mengunjungi mesjid Tokyo Camii ini pada hari Jum’at agar bisa melihat bagaimana pelaksanaan shalat Jum'atย di mesjid Tokyo Camii ini. Dan alhamdulillah Allah mengijabah keinginan saya tersebut ๐Ÿ™‚ Setelah itu, saya mengajak sepupu-sepupu saya ke Tokyo Government Metropolitan Building untuk menikmati Tokyo dari ketinggian secara gratis.

Heading Tokyo Camii

Siap menuju Tokyo Camii ๐Ÿ™‚

Kaori san.jpg

Saat di stasiun Yoyogi Uehara dan sedang mencari-cari arah menuju ke Mesjid Tokyo Camii, bertemu dengan Kaori san, wanita Jepang yang pada saat itu juga akan menuju ke mesjid sehingga kami bisa jalan bersama ke mesjid dan ternyata sedang belajar bahasa Arab. Masya Allah ๐Ÿ™‚

Before Jumuah

Suasana mesjid sebelum pelaksanaan shalat Jum’at ๐Ÿ™‚

Alhamdulillah

Alhamdulillah โค

Inside Camii

Setelah tadi bertemu dengan Kaori san di luar mesjid, saat selesai shalat Jum’at, kami bertemu dengan seorang gadis Jepang lain (Yang saya lupa tanya namanya :D) yang sedang mempelajari Islam karena tertarik dengan pemikiran-pemikiran Islam. Masyaa Allah, semoga Islam makin berkembang di Jepang โค

Jualan

Suasana jualan setelah shalat Jum’at ๐Ÿ™‚

Turki Jepang

Semoga suatu hari juga bisa melihat mesjid di negara dengan bendera yang di sebelah kiri itu…Aamiin ๐Ÿ™‚

Teh botol

Di manapun makannya, apa pun makanannya, minumnya tetap si Teh Botol Sosro #bukanendorse ๐Ÿ˜€

Me and cousins

Arif

Ketemuan lagi dengan si murid di Stasiun Ueno ๐Ÿ™‚

Hari keempat, 17 Februari 2018 –> Harajuku dan sekitarnya

Pada hari ke-4 ini, tujuan Halal Japan Trip 2018 adalah Harajuku dan sekitarnya. Dan akhirnya setelah nyerah baca google map dan berkali-kali nanya ke orang, akhirnya nemuin juga tempat makan halal dan tempat shalat di daerah Harajuku ini ๐Ÿ™‚

Stasiun Harajuku

Meiji

@ Kuil Meiji

Mamo Kebab Restoran

Setelah beberapa kali ngegoogle di google map dan berkali-kali nanya ke orang, akhirnya alhamdulillah wa syukurillah ketemu juga si resto kebab halal ini ๐Ÿ™‚

Mamo Kebab Halal

Celtic Park

Salah satu tempat shalat di Harajuku adalah di lantai 2 sebuah toko kaos bernama “Celtic Park” yang terletak di Takeshita Street. Dan toko ini gak ada papan namanya ๐Ÿ˜ฆ

Gudang

Tempat shalat di gudang Celtic Park ๐Ÿ™‚

Di malam terakhir di Tokyo ini, akhirnya sepupu saya tergoda untuk naik becak ala Jepang atau dalam bahasa Jepangnya disebut “Jinrikisha”. Tadinya kami berniat untuk naik si becak di depan Sensoji setelah beristirahat dan menaruh barang di hostel (Karena kata sepupu saya gak cakep banget sih mau naik becak Jepang tapi bawa tentengan kantong plastik :D). Tapi setelah keluar dari hostel dan kembali ke area Sensoji, ternyata sudah gak ada tukang becak satu pun ๐Ÿ˜ฆ Padahal itu masih jam 7 malam lho, dan pas kembali ke hotel satu jam sebelumnya masih banyak tukang becak yang berkeliaran di depan Sensoji. Hik..hik..pertanda kayaknya sepupu sepupu saya itu memang harus balik ke Tokyo deh ๐Ÿ™‚

Hari kelima, 18 Februari 2018 –> Yokohama, here we come โค โค โค

Agenda hari terakhir ini adalah ke Yokohama yeyyy ๐Ÿ™‚ Senang banget sayanya juga karena ini juga merupakan kali pertama saya ke Yokohama. Dan alhamdulillah saya jadi suka banget sama Yokohama…Yokohama, I am in love <3<3<3

Kabuki

Sampai jumpa, Khaosan Kabuki ๐Ÿ™‚

Ramen museum.jpg

Tujuan pertama di Shin Yokohama…

Inside ramen museum

Bagian dalam ramen museum

Yokohama

Akhirnya Yokohama ๐Ÿ™‚

prayer room

Ruang shalat di World Porters Yokohama lantai 6

Form

Sebelum menggunakan ruang shalat, kita harus minta izin ke resepsionis di lantai 1 untuk mengisi form seperti di atas dan mendapatkan kata sandi ๐Ÿ™‚

Shalat

Terrace Cafe

Makan siang dulu di sini ๐Ÿ™‚

Cup noodles

Cuma lewat saja karena sudah keburu kepengen main di Cosmo World dan takut gak ada waktu lagi kalau masuk ke sini ๐Ÿ˜€

Cosmo World

Saatnya bermain…Tempat ini buat saya sangat direkomendasikan banget. Tidak ada tiket masuk, dan cuma bayar wahana yang akan kita naiki saja ๐Ÿ™‚ Bisa jadi alternatif sebagai pengganti bagi yang menganggap tiket ke Disneyland or Disney Sea kemahalan kayak saya ๐Ÿ˜€

Cosmo Clock 21

Sejak pertama tahu si Cosmo World ini, cita-cita banget harus naik Cosmo Clock 21 ini alias bianglala ala Cosmo World ๐Ÿ™‚

Tiket

Tiket untuk naik seharga JPY 800 (Harganya ketutupan tangan saya :D)

Peace

Pose damai dari dalam si bianglala ๐Ÿ˜€

Yokohama 3

Sampai jumpa lagi Tokyo, sampai jumpa lagi Yokohama ๐Ÿ™‚ Kami pasti kembali <3<3

13 thoughts on “Halal Japan Trip 2018 bersama sepupu dan keponakan :-)

• Waa, baru tahu saya kalau bahasa Turkinya mesjid itu Camii..thank you informasinya, Mbak ๐Ÿ˜Š Aku sebenarnya mau lebih banyak foto foto bagian dalamnya, cuma gak enak karena sebenarnya ada larangan gak boleh foto pas shalat..jadi pas sepi aja aku foto ๐Ÿ™‚
      Mudah mudahan suatu hari Mbak bisa ke sini juga dan saya bisa ke mesjid di Turki..Aamiin ya, Mbak ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

• Iya, mbak. Masjid = cami (dibaca jami), kalo musholla (spt yg di mall2 gitu) disebut mescit (dibaca mesjit). Bolak-balik dikit lah sm kita hehe).
        Aamiin aamiin, semoga bisa sampe sana. Pengeeen ramen-nya hahah pecinta mie. Semoga mbak sampe ke sini jg. Colek-colek yah nanti.

• Iya, nah kalo Jamii aku tahu karena di Jakarta sering juga dgr kata mesjid Jamii..Sip, insyaa Allah kalau sampai ke Turki pasti aku colek colek Mbak ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š