Archive | August 2020

WFH dan Inong belajar memasak 😊

Kalau di posting terdahulu, saya menceritakan kegiatan daring yang saya lakukan selama WFH, kali ini saya mau menceritakan tentang kegiatan Inong belajar memasak yang saya lakukan selama masa WFH ini. Sejujurnya, yang namanya Inong ini gak pernah lho masak memasak. Terus, waktu tinggal di Jepang untuk training selama 3 bulan, saya pun ga pernah masak. Selama 3 bulan tersebut, alhamdulillah bisa bertahan dengan pola makan: pagi sarapan roti tawar dengan teh dan kopi susu, siang beli makanan di kantin kantor, dan malamnya makan nasi dengan lauk rendang yang dibawa dari Indonesia. Kadang kadang aja masak, itu pun cuma nasi goreng dengan telur mata sapi atau telur dadar 😀 Dan dipikir pikir, kok saya bisa ya bertahan 3 bulan makan dengan menu yang itu itu saja..Mungkin selain karena faktor tidak bisa masak, juga karena faktor itu pengalaman saya pertama ke Jepang yang bikin saya sangat gembira, sehingga rasa bosan makan yang itu itu aja kalah sama rasa gembira bisa datang ke Jepang mewujudkan mimpi saya 😀

Lanjut tentang Inong belajar masak, jadi saya perhatiin di media sosial saya selama kurang lebih dua bulan ini, kok banyak banget teman teman dunia maya saya yang mulai jualan makanan, termasuk ponakan saya yang saya ceritakan di sini *yang sekarang sudah pada jadi anak kuliahan*. Tapi, kalau nurutin keinginan mah, semua pastinya mau dibeli, dan bisa bisa pengeluaran saya malah jadi lebih banyak bila dibandingkan dengan kalau kerja di kantor. Saya pun jadi tertantang dong untuk mulai masak memasak, apalagi ada si Mbak yang memang hobi masak dan sedih kalau misalnya saya bilang ga usah masak 😀

Dan dengan bekal resep resep dari internet, maka dimulailah program Inong belajar masak. Resep pertama yang saya buat di masa WFH ini adalah risol isi sayuran. Sebelumnya pernah juga sih bikin risol ini, tapi kulitnya selalu gagal walaupun rasanya enak. Dan risol yang saya buat kali ini pun sama, gagal di kulit tapi rasanya tetap enak 🙂

thumbnail (4)

Isi risol

thumbnail (3)

Bakal kulit risol..Karena masih gagal, saya ga moto hasil akhir kulit risolnya 😀

thumbnail (5)

Roti goreng…Latar belakang bikin roti goreng ini adalah karena ada teman IG saya yang rajin mempromosikan jualan roti gorengnya. Saya pun tertantang untuk bikin sendiri dong, dan alhamdulillah rasanya sesuai ekspektasi saya 🙂

20200717_122843 (2)

Kali ke dua bikin roti goreng, si Mbak pengen bikin donat juga dengan resep yang sama. Sehingga jadilah roti goreng dan donat ala Inong belajar masak dengan resep yang sama.

thumbnail

Bolognese sauce ala Inong belajar masak. Kalau ini dulu resepnya pernah diajarin kakak ipar, terus sedikit modifikasi dari saya.

thumbnail (1)

Kalau ini tiba tiba saya pengen makan ayam bakar, jadilah paginya belanja bahan, siangnya langsung dieksekusi 😀

thumbnail (2)

Sambal kecap buat si ayam bakar

20200801_121225

Kemarin tiba tiba pengen makan udang tauco, cari resep di inet yang paling gampang dan lihat stok bahan di dapur ada semua, jadilah langsung dieksekusi 🙂

Demikianlah cerita Inong belajar masak selama WFH ini. Alhamdulillah, semua masakan yang saya ceritakan di atas masih termasuk kategori “edible” 🙂 Mungkin buat orang lain, masakannya terlihat sederhana dan biasa aja ya….Tapi buat Inong yang ga pernah masak dan jarang turun ke dapur, ini adalah suatu pencapaian yang luar biasa banget lho 😀 Dan saya jadi kepingin makin sering turun ke dapur, walau untuk level masakan kampung halaman saya aka Aceh yang membutuhkan banyak bumbu dan rempah rempah serta membutuhkan waktu yang lama, saya nyerah deh belum sanggup 😀

Buat pembaca, ada ide masakan lain yang bisa saya coba dalam rangka proses Inong belajar masak inikah?