Tag Archive | recipe…:0

Aglio Olio ala Inong

Ceritanya beberapa jam lalu lagi nonton dorama “Bambino” yang berlatar belakang di restoran Itali ๐Ÿ™‚ Dan karena saya belum sarapan dan dijejali oleh gambar-gambar spaghetti yang disajikan di dorama tersebut, cacing-cacing di perut pun berontak dan saya tiba-tiba terinspirasi untuk masak spaghetti ๐Ÿ˜€ Pas mikir bahannya, teringat kalau di dapur gak ada stok daging cincang (Emang jarang make daging cincang sih untuk masakan di rumah :-)) Pantang menyerah, saya pun menyapa si Mbah Google dan nyari resep Aglio Olio yang resepnya lebih simpel dari spaghetti, dan ketemulah link ini ๐Ÿ™‚ Pas lihat bahan dan cara membuatnya, kok kayaknya gampang banget ya ๐Ÿ™‚ Akhirnya ngecek stok di dapur, cuma ada beberapa bahan yang tersedia ^o^ Tapi karena emang lagi lapar berat, ya wes saya nekat bikin aja deh dengan bahan yang ada di rumah ๐Ÿ˜€

Berikut saya tulis resep aslinya dan bahan-bahan yang saya pakai :

Bahan-bahan :

125 gr spaghetti kering (Saya ambil secukupnya karena saya masak untuk dimakan sendiri).

1 liter air.

2 sdm minyak zaitun (Saya gak pakai karena gak ada).

4 siung bawang putih, iris tipis (Saya cuma pakai 2)

1 buah cabai merah, buang bijinya, iris tipis (Saya pakai cabe hijau)

2 lembar daging asap, potong kecil (Saya ganti pakai 5 buah udang).

1/2 sdt oreganoย  kering

1/2 sdt merica hitam, memarkan agak halus (Saya gak pakai karena gak ada)

1/2 sdt garam

Taburan :

1 sdm keju parmesan bubuk / parut (Saya gak pakai karena gak ada).

1 sdt peterseli kering (Saya gak pakai karena gak ada).

Cara masak :

1. Rebus air hingga mendidih. Lalu masukkan spaghetti hingga lunak. Angkat dan tiriskan (Kalau saya, pada saat merebus spaghetti ini, tambahkan 1 sdm mentega ke dalam rebusan spaghetti).

2. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang putih hingga layu dan harum.

3. Tambahkan cabai merah dan daging asap, lalu aduk hingga layu.

Untuk proses no. 2 dan 3, karena saya pakai udang sebagai pengganti daging asap, maka saya tumis dulu udangnya sampai matang. Lalu, kemudian baru masukkan bawang putih dan cabai merah ๐Ÿ™‚

4. Tambahkan bumbu dan masukkan spaghetti. Kemudian aduk kembali hingga rata.

Di proses ini, saya cuma masukin garam dan spaghetti karena bumbu lainnya gak ada.

5. Tuang masakan ke piring saji, dan taburkan keju parmesan dan daun peterseli.

Dan inilah hasil memasak dadakan saya hari ini :-0 Lumayan enaklah mengingat pakai bumbu dan bahan seadanya ๐Ÿ™‚ Kalau pakai bumbu lengkap, pasti lebih yummi lagi ๐Ÿ˜€

Itadakimasu ^o^ Selamat makan ^o^

Itadakimasu ^o^ Selamat makan ^o^

Advertisements

Puding dadakan….

Ceritanya di hari Minggu yang mendung ini, saya lagi belajar suatu bahasa baru dan tiba tiba di tengah proses belajar itu, timbullah rasa pusing dan lapar karena saya memang belum sarapan pagi. Lalu, teringatlah saya dengan salah satu resep puding dari salah satu teman blogger saya yang lagi studi di Jepang, Mouna, dan memang saya sudah beli dan siapkan bahannya dari minggu lalu. Akhirnya saya pun mulai baca lagi resepnya, dan baru teringat bahwa saya lupa untuk membeli bahan utamanya, yaitu si bubuk agar-agar ๐Ÿ˜€ #tepokjidat. Karena udah keburu pengen makan puding, akhirnya saya pun ngubek-ngubek dapur, tapi gak nemuin stok bubuk agar-agar instan dan malah menemukan bubuk jelly powder dan fla puding instan. Pantang menyerah, saya pun coba bikin puding dadakan dengan bahan seadanya tersebut.

Bahan-bahan :

Susu Ultra putihย ย  1.000 ml

Gula pasirย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย  6 sedok makan (Ini sesuai selera. Karena saya suka agak manis, jadi pakai 6 sendok makan)

1 bungkus (15g) Nutrijell Jelly powder rasa cincau

1 bungkus Nutrijell MyVla rasa Vanilla

Cara memasak :

Campurkan susu ultra, gula pasir, dan Nutrijell Jelly powder, lalu aduk sampai mendidih.

Untuk flanya, siapkan sesuai dengan instruksi yang tertulis di kemasan produk.

Cara penyajian :

Tuang ke dalam cetakan. Lalu bisa disajikan dalam keadaan hangat atau dingin. Kalau saya sih lebih suka disajikan dingin ๐Ÿ™‚ Ternyata, rasanya enak juga lho ๐Ÿ˜€ #Gaknyangka He..he..padahal saya sudah pasrah aja kalau rasanya gak enak, tapi ternyata lumayanlah ๐Ÿ™‚

Dan setelah si puding siap untuk disantap dan saya sedang beresin peralatannya, tahu-tahu ternyata saya nemuin ada stok 1 bungkus bubuk agar-agar di dapur ๐Ÿ˜€ ha..ha #tepokjidatlagi

Puding dadakan :D

Puding dadakan ala Inong ๐Ÿ˜€

Roti Sosis Keju Kraft

Setelah baca postingan salah satu blogger favorit gue yang selalu gue baca postingannya (Bahkan gue sekarang lagi baca postingannya yang tahun 2011 :D), ko Arman, tentang yang satu ini, entah mengapa gue jadi merasa tertantang untuk ikutan giveawaynya ๐Ÿ™‚ Walaupun gue bukan penggemar keju, tapi gue merasa harus mempraktekin salah satu resep yang ada di website keju Kraft ini..Yah, hitung-hitung buat gue belajar masak juga sih ๐Ÿ˜€

Nah, setelah melihat, memilih, dan menimbang-nimbang, akhirnya gue pun memutuskan bahwa buat gue resep yang paling menarik untuk dipraktekkan adalah sama dengan resep yang sudah dipraktekkan oleh Ko Arman, yaitu Roti Sosis Keju Kraft….Tapi, karena gue bukan penggemar keju (Dan FYI juga bukan penggemar sosis :D), maka gue sedikit membuat variasi dengan menggunakan keju Kraft yang diparut, bukan keju Kraft singles seperti yang digunakan di resep aslinya, dengan alasan biar gak terlalu eneg ๐Ÿ˜€

Dan berikut adalah penampakan “Before and After”nya :

Before....

Before..

After :D

After ๐Ÿ˜€

Maafkan penampakan “After”nya yang sangat tidak menggoda karena si tukang masak adalah tukang masak yang sangat-sangat amatir ๐Ÿ™‚ Dan karena menggunakan keju parut, jadi kejunya meleleh deh pas digoreng ๐Ÿ˜€ Tapi, untuk rasanya menurut saya yang bukan penggemar keju dan sosis, rasanya lumayan yummy dan gurih ๐Ÿ™‚ Memang jujur sih, kalau saya makan lebih dari 2 potong itu, bakalan eneg jadinya….Tapi, I will definitely try to cook the same recipe again in the future ๐Ÿ˜€

So, silahkan mencoba teman-teman ๐Ÿ™‚

 

Makan siang hari ini :-)

Dari beberapa hari yang lalu, akibat blogwalking di beberapa blog yang menampilkan masakan, mengakibatkan saya jadi kepengen makan bihun goreng ๐Ÿ˜€

Bahan utama berupa bihun sudah dibeli beberapa hari lalu tepat setelah membaca blog-2 seperti saya sebut di atas. Dan akhirnya, sang Bunda tercinta pun berhasil diminta untuk membuatkan bihun goreng untuk makan siang sang putri satu-satunya hari ini yang kebetulan lagi libur dan malas kemana-mana karena Jakarta sedang dikepung air aka Jakarta kebanjiran ๐Ÿ™‚

Dan karena saya bertekad agar bisa bikin bihun goreng sendiri pada kesempatan berikutnya, akhirnya saya pun memperhatikan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan *Ketahuan selama ini gak pernah merhatiin :D*. Dan ternyata bahan-bahannya adalah bahan dan bumbu dasar saja yang pasti selalu ada di setiap rumah, yaitu : Bawang merah, bawang putih, tomat, garam, dan kecap manis. So simpleย  :D..Pasti saya bisa bikin sendiri lain kali ๐Ÿ™‚ Untuk takarannya, karena tadi hanya untuk porsi dua orang, jadi hanya menggunakan 2 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, 5 buah cabe merah, 1 buah tomat, kecap manis secukupnya, dan garam secukupnya. Walaupun bumbunya sangat sederhana, tetapi entah kenapa bihun goreng buatan Bunda adalah yang paling enak untuk saya ๐Ÿ˜€ Buktinya, porsi yang direncanakan untuk dua orang tersebut, bisa saya habiskan sendiri ๐Ÿ˜€

Itadakimasu :-)

Itadakimasu ๐Ÿ™‚

(MP) Another succesfull cooking experience :D

Date : Nov 7′ 11

Berawal dari rencana pengajian teman-teman SMUย yang insya Allahย akan diselenggarakan dua minggu lagi di rumah gue, gue pun mulai mikir mikir mau bikin suguhan apa buat hari itu. Pas lagi menjadi silent reader di blog teman-teman, eh ketemu deh sama resep yang satu ini. Hm…kelihatan gampang dan sedap. Dan gue pun coba kembali turun ke dapur ^_^ Dan berikut adalah resepnya :

20 lembar kulit lumpia

2 buah tahu Cina, dihancurkan

1 buah daun bawang, iris halus

2-3 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya

Garam secukupnya

Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

ใƒปUntuk isi martabak, campur tahu, kuning telur, daun bawang. Dan jika bisa, tambahkan bumbu kaldu instan.

– Ambil selembar kulit lumpia, kemudian isi dengan satu sendok makan isian tahu.

Note : Isian jangan terlalu banyak karena takut pecah saat digoreng (Dan memang kejadian pas gue bikin, bahkan sebelum digoreng pun sudah pecah karena terlalu penuh :D). Lipat dan lem ke-4 sisi pinggirannya dengan putih telur.

– Panaskan minyak goreng hingga kuning keemasan.

– Angkat dan sajikan ^_^

Dan inilah penampakan martabak mini isi tahu buatan gue :

(MP) Spageti ala gue…:)

Date : Mar 07′ 09

Hai friends….

Sebenarnya sih gue ga jago-jago banget masak..Cuma kalau ada resep yang kira-kira yummy dan gampang dibuatnya, gue pasti tergoda untuk mencobanya..Walaupun kadang-kadang hasilnya sih ga sesuai harapan..
Tapi, kalo resep yang satu ini, alhamdulillah selalu berhasil dan selalu bikin gue ketagihan tiap kali gue bikin. FYI, resep ini diajarin ma salah seorang kakak ipar gue..Thank u, Ka Rika for the recipe..Tapi kadang-kadang gue modifikasi sesuai bahan-bahan yang ada di dapur..Jadi ga selalu sesuai dengan resep yang gue tulis ini..Tapi, rasanya tetap OK kok..

And here is the recipe :
Bahan-bahan :
1. Bawang putih secukupnya
2. Bawang bombay secukupnya..Kalo ga ada juga ga papa sih..Gue juga sering kok ga pake bawang bombay ini kalau pas ga ada. Banyakin aja bawang putihnya biar wangi..
3. Saus tomat secukupnya
4. Saus spageti secukupnya..Kalo ga ada saus spageti ini, juga bisa kok pake saus tomatnya aja..Gue pernah coba juga..Tapi menurut gue rasanya jadi kurang menggigit dan sedikit asam..
5. Oregano.
6. Keju secukupnya
7. Margarine sesuai selera
8. Daging cincang secukupnya. Jumlahnya ga pernah gue ukur..Buat gue, makin banyak dagingnya makin yummy.
9.Jamur secukupnya. Kalo gue lebih suka pake jamur kancing. Tapi kalo buat yang ga suka jamur, ga dipake juga ga papa kok..Banyakin aja dagingnya biar yummy..
10. Sosis secukupnya. Ini juga alternatif. Kalo ga mau, ga usah dipakai..

Cara memasak :
Untuk sausnya:
1. Pertama-tama, panaskan minyak dan campurkan margarine secukupnya.
2. Setelah itu, masukkan bawang putih dan bawang bombay. Tumis sampai harum.
3. Setelah harum, masukkan daging cincang serta jamur dan sosis yang telah dipotong-potong. Setelah daging 1/2 matang, masukkan saus tomat dan saus spageti secukupnya sesuai selera. Kalo mau, bisa juga tambahkan margarine lagi secukupnya.
4. Masak terus sampai daging matang dan sausnya menjadi sedikit mengental dan berminyak.
Dan inilah penampakan si saus setelah matang:

Untuk spageti, berikut cara masaknya:
1. Panaskan air, lalu campur dengan margarine secukupnya.
2. Setelah mendidih, masukkan spageti sebanyak yang kita mau.
3. Setelah 1/2 matang, masukkan oregano secukupnya ke dalam spageti yang sedang direbus. Bila mau, margarine bisa ditambahkan lagi sesuai selera.
4. Setelah matang, tiriskan spageti dan siapkan di atas piring saji.

Nah, tahap terakhirnya adalah menyiapkan spageti. Tuangkan saus yang sudah jadi di atas spageti, lalu tambahkan keju bila suka..Kalo ga suka keju sih ga usah kali ya..
Dan inilah spageti ala gue…Kalo buat gue sih yummy banget n bikin mo nambah lagi, lagi, dan lagi..he..he…:0

Kalo kata orang Jepang mah…ITADAKIMASU….