(MP) 3rd Week : Oct 16 – 22, 2010 #JAPAN

Date : Dec 26′ 10

Hari Sabtu, 16 Oktober 2010, gue jalan-jalan sendiri ke beberapa tempat wisata yang ada di Koga dan ternyata dekat dengan apartemen gue dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Tempat-tempat tersebut antara lain : Koga Tenkoku Butsukan, Koga Bungakukan, dan Koga Rekishikan. Semua tempat tersebut adalah museum. Gue pikir museum-museum di Jepang banyak pengunjungnya, secara museum-museumnya sangat terawat dan rapi. Tetapi, ternyata sama juga seperti museum-museum di Indonesia yang sepi pengunjung, walaupun ga sepi-sepi amat juga sih..:

Selain ketiga museum tersebut, gue juga berkunjung ke rumah salah seorang penulis terkenal Jepang, Nagai Michiko. Di rumah Nagai Michiko ini, gue dapat suguhan ocha gratis…Senangnya..:)

Setelah itu, gue masih keliling-keliling kuil-kuil dan juga area pemakaman yang berada di dekat apato gue, dan barulah petualangan hari itu berakhir. Sedangkan hari Minggunya gue cuma keluar sebentar untuk belanja.

Hari Senin, karena kompi gue masih bermasalah, akhirnya si kompi gue bawa lagi ke kantor, untuk minta tolong dibenerin lagi oleh Mr. Kawamata. Ternyata, si kompi harus diinstal ulang dan harus nunggu kiriman CD dari Jakarta. Hik..hik..sepi banget pulang ke apato tanpa bisa online dan cuma bisa nonton TV tanpa ada acara yang menarik....Sampai hari Kamis, CD tersebut belum datang juga, tapi kata Mr. Kawamata kompinya untuk sementara bisa dipakai. Ya udah, gue bawa pulang aja tuh kompi karena kebetulan hari Jum’atnya Mr. Kawamata cuti dan kompinya juga belum bisa diapa-apain lagi. Pas hari Jum’atnya, dapat tambahan ilmu lagi mengenai salah satu kebiasaan kerja di Jepang. Waktu meeting pagi, biasanya gue dengerin Mr. Saikawa sambil masukin tangan ke kantong seragam. Dan kalau teman-teman gue dengerin dengan posisi kedua tangan ada di depan dada. Bukan apa-apa sih, cuma karena dingin aja. Ternyata, hal tersebut diperhatiin sama Mr. Soufuku aka bawahannya Mr. Saikawa. Selesai meeting pagi hari itu, dia pun menjelaskan kepada gue dan teman-teman kalau pas dengerin atasan ngomong harus dalam posisi tegak dan tangan tidak boleh masuk kantong atau dilipat di dada. Wow, satu pelajaran baru lagi tentang kebiasaan di Jepang. Perasaan, kalau di Indonesia kan biasa aja ya kayak gitu....Hari Jum’at itu gue juga dibilangin kalau mulai minggu depan ruang kerja akan diubah formasinya. Selain itu, di hari Jum’at tersebut, Mr. Hashimoto dari kantor di Jakarta datang berkunjung sambil membawa pesanan kami bertiga yaitu cabe hijau, bawang merah, susu, dan rokok. Malamnya, kami makan malam bersama Mr. Hashimoto, Mr. Yamaga, Mr. Hashimoto Hiro, Mr. Saito Nobu, Mr. Kumazawa, dan Mr. Suzuki Takao yang dulu pernah bertugas di ZAI dan baru pertama kali ini gue temui.

Senangnya bisa bercanda n ngobrol bareng mereka, secara kalau di Jakarta kan ga mungkin seperti itu..:)..Di acara makan malam tersebut, kami bertiga juga dikasih oleh-oleh dari Mr. Kumazawa dan Mr. Takao. Mr. Kumazawa kasih sweater, sedangkan Mr. Takao kasih coklat. Hontouni arigatou gozaimashita..:))

Leave a Reply

