Sebuah pertanyaan…

Barusan selesai menghadap ke sang Japanese Vice President Director. Dan setelah sesi “menghadap” ini selesai, tiba-tiba beliau bertanya mengenai arti ucapan “Allahu Akbar” dan kapan digunakannya. FYI, sang Vice President Director ini sudah sering menanyakan tentang hal-hal yang berhubungan dengan Islam kepada gue dan sudah mengerti beberapa arti kata dalam bahasa Arab seperti : “Insya Allah” dan “Alhamdulillah”. Dan pertanyaan tentang arti “Allahu Akbar” ini timbul setelah beliau nonton video tentang Syria di youtube dan katanya orang-orangnya banyak mengucapkan “Allahu Akbar”

Agak bingung juga gue menjelaskannya,  dan gue pun mencoba menjelaskan sebisa yang gue pahami sejauh ini 🙂 Jawaban gue adalah ucapan “Allahu Akbar” berarti Allah Maha Besar (Dan sang vice presdir mendefinisikannya sebagai Allah yang Agung :-)) Dan dalam konteksnya dengan Syria, gue langsung berpikiran bahwa video yang beliau lihat tersebut adalah video perang, sehingga kata “Allahu Akbar” ini biasanya digunakan untuk memberikan semangat pada saat perang dan juga untuk melawan rasa takut.

Di akhir penjelasan gue, gue pun bilang bahwa mungkin penjelasan gue masih sangatlah kurang dan belum tentu benar. Selain itu, gue juga bilang bahwa sampai sekarang dan sampai gue meninggalkan dunia ini, gue masih harus terus belajar tentang Islam (Yang ditanggapi oleh beliau dengan reaksi mukanya yang terkejut setelah gue berkata itu :D). Tetapi, alhamdulillah ternyata buat beliau penjelasan gue bisa beliau pahami 🙂 Leganya hatiku 🙂 Alhamdulillah、良かった ^_^

Buat gue pribadi, pertanyaan-pertanyaan beliau ini menyadarkan gue bahwa ternyata masih banyak hal yang harus gue pelajari (Bahkan hal-hal kecil sekalipun) tentang agama gue ini, yang mungkin pasti tidak akan pernah selesai gue pelajari sampai gue meninggalkan dunia ini. Dan pertanyaan-pertanyaan tersebut juga membuat memori gue kembali ke masa 3 tahun silam pada saat gue training di Jepang dan rekan-rekan kerja gue menanyakan kenapa gue harus sholat, kenapa baju gue harus panjang, kenapa gue pakai jilbab, kenapa cowok tidak diharuskan pakai jilbab, kenapa tidak boleh makan babi dan minum alkohol, dll 🙂 *Jadikangen:D* Dan setiap diberikan pertanyaan tentang Islam dan ajarannya oleh orang Jepang, gue pasti berusaha untuk memberikan penjelasan sesuai dengan yang gue ketahui dan pahami, dan pastinya gue juga berharap jawaban-jawaban gue tersebut bisa menggambarkan tentang keindahan Islam dan Islam sebagai agama yang “Rahmatan lil alaamin” 🙂

Thank you, I san untuk pertanyaan-pertanyaannya selama ini yang bikin gue selalu merasa harus terus belajar dan belajar lagi 😀 今からイスラム教についてもっと勉強して、頑張ります!!!

4 thoughts on “Sebuah pertanyaan…

    • Thank you, Della 🙂 Insya Allah jadi pemacu buat terus belajar dan mencintai agama kita ya 🙂
      Kalo gue dari film 99 Cahaya ini yang paling berkesan tuh ucapannya Ayse : Hai masalah besar, aku punya Tuhan yang lebih besar 🙂

  1. Pingback: Bos Jepang, jodoh, dan saya :-) | pinkuonna

  2. Pingback: Bukber pertama di kantor :-) | pinkuonna

Leave a Reply

